Tutorial Minex Software PDF

In Minex 156 views

Tutorial Minex Software PDF – Minex merupakan software aplikasi tambang yang memberikan gambaran tentang perencanaan dan design tambang, software ini sangat cocok untuk anda yang berkecimpung di industri pertambangan bijih ataupun mineral, akan tetapi bisa juga diimplementasikan pada tambang batubara. Sebenarnya tujuan utama dari sebuah perencanaan tambang dengan software Minex adalah untuk menentukan nilai bersih (NPV) dari cadangan mineral. Untuk melakukannya, pengguna harus terlebih dahulu membangun dua model yaitu model geologi, dan model teknik.

Model geologi mendefinisikan sumber daya mineral, seperti yang ada didalam tanah. Sedangkan model teknik mendefinisikan apa yang menjadi bagian dari sumber daya tambang yang dapat ditambang secara ekonomi. Proses sebuah aplikasi software Minex juga memungkinkan Pit Optimisation dan penerapan Maximiser NPV software untuk mengevaluasi secara menyeluruh sumber daya yang dapat ditambang.

Dalam rangka membangun model geologi, pengguna harus terlebih dahulu mengumpulkan semua data mentah dan informasi lain yang diperlukan untuk melakukan analisis data. Pengguna juga harus memutuskan mana bagian data yang cukup penting untuk digunakan dalam evaluasi, membangun model geologi, interpretasi dari konfigurasi, jumlah dan kualitas sumber daya yang ada didalam tanah.

minex software tutorial

minex software tutorial

minex tutorial pdf

minex tutorial pdf

minex tutorial

minex tutorial

tutorial minex

tutorial minex

Berikut garis besar Tutorial Minex Software PDF :

  1. Membangun model teknik untuk menentukan lapisan model geologi. Lapisan ini dapat mencakup hal-hal seperti lapisan tanah penutup, interburden, lapisan batubara, dll.
  2. Memilih metode penambangan dan menempatkan desain tambang untuk metode ini pada model teknik di lokasi yang anda tentukan yang terbaik untuk membuat sebuah tambang.
  3. Pemilihan peralatan, dengan biaya yang efektif untuk menambang.
  4. Schedule peralatan atau penjadwalan melalui desain tambang.
  5. Analisis keuangan yang berhubungan dengan cash flow dan melihat apakah tingkat pengembalian modal dapat diterima. Jika tidak, pengguna memulai proses lagi dengan menggunakan desain yang berbeda, jadwal, peralatan dan bahkan mungkin model yang berbeda untuk melihat apakah ada cara yang lebih baik dengan keuntungan yang lebih tinggi atas investasi dari sumber daya yang ada.

Biasanya proses perencanaan tambang ini akan dilakukan berulang-ulang, umumnya memerlukan pemeriksaan berulang secara konstan karena perubahan desain tambang, pemilihan peralatan, jadwal dan perubahan secara ekonomis. Semua rencana tambang yang terkomputerisasi adalah penting untuk mempercepat proses re-evaluasi konstan.

Itulah gambaran mengenai tutorial minex, Apakah anda tertarik untuk belajar Minex ?

Download Tutorial Minex Software PDF DISINI

Semoga bermanfaat, Viva Tambang, Mantap Sekaleee.

Tags: #Minex Software Tutorial #Minex Tutorial PDF #Tutorial Minex

author
Author: 

Leave a reply "Tutorial Minex Software PDF"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top
error: Content is protected !!